Tips Mengurangi Resiko Kecelakaan Saat Mengemudi

Mengemudi kendaraan bisa sangat berbahaya, namun keselamatan kita di belakang kemudi adalah sesuatu yang kita semua anggap biasa karena kepercayaan diri kita terbangun di belakang kemudi dan rutinitas mengemudi yang dulu membutuhkan perhatian penuh mulai menjadi kebiasaan. Secara global, terdapat lebih 1,35 juta kecelakaan fatal setiap tahunnya, proporsi yang mengerikan terjadi akibat mengemudi secara sembrono dan mengemudi tanpa kehati-hatian dan perhatian. Tidak semua kejadian fatal disebabkan oleh kegagalan mekanis atau medis, hampir semuanya berkaitan dengan kurangnya perhatian, salah penilaian, dan pengambilan keputusan yang buruk. Saat orang lain berbagi jalan dengan Anda, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu menjaga keselamatan semua orang.

Ketika Anda belajar mengemudi, Anda akan belajar mengenai beberapa peraturan. Beberapa sangat mudah untuk dipahami, contohnya aturan ketika memberi jalan. Semuanya ada untuk menjaga kesehatan dan keselamatan pengguna jalan. 

Namun, bila Anda terlibat kecelakaan, ada beberapa langkah yang bisa diambil:
  • Periksa penumpang Anda dan diri Anda sendiri, apakah Anda mengalami cedera dan apakah Anda bisa keluar dari kendaraan (jika aman),
  • Hubungi layanan darurat jika seseorang mengalami cedera, jalan diblokir atau ada situasi berbahaya. Anda tidak harus menelepon polisi untuk setiap kecelakaan,
  • Kumpulkan informasi dari pengguna jalan lain yang terlibat kecelakaan seperti nama, nomor telepon, dokumen kendaraan, asuransi dan nomor SIM. Anda juga harus memberikan informasi juga. Di beberapa negara seperti Amerika, mereka memiliki sistem dimana bisa memeriksa riwayat pengemudi apakah mereka pernah terlibat kecelekaan serupa sebelumnya. Namun, disebagian besar negara, perusahaan asuransi akan mengelola semua aspek kasus kecuali jika ada tindakan kriminal (misal pengemudi mabuk),
  • Jangan mengakui kesalahan. Apapun yang Anda katakan bisa digunakan untuk melawan Anda dimasa yang akan datang. Bahkan meminta maaf bisa digunakan untuk melawan Anda karena dapat dikatakan itu adalah pengakuan bersalah,
  • Kumpulkan informasi dari orang-orang disekitar yang menjadi saksi mata kejadian,
  • Ambil foto sebanyak yang Anda bisa, pastikan Anda mengambil dari jarak dekat dan ambil dari segala sudut tetapi pastikan tidak membahayakan diri sendiri.

Mencegah Terjadinya Kecelakaan

Jaga Pikiran Tetap Jernih

Banyak kecelakaan disebabkan karena kelelahan, pengemudi yang mabuk atau pemarah. Sangat penting untuk menjaga pikiran tetap jernih ketika mengemudi. Untuk alasan yang jelas, Anda tidak boleh minum sebelum mengemudi dan jangan langsung menepi ke pinggir jalan ketika mengalami kelelahan. Banyak jalan utama memiliki rest area, sehingga ketika Anda mengalami kelelahan Anda bisa melipir sebentar. Berkendara dengan kondisi kelelahan efeknya sama dengan ketika Anda mengemudi sambil mabuk. Melanjutkan perjalanan ketika lelah adalah sebuah bencana, dan jika terjadi kecelakaan Anda bertanggung jawab sebagai penyebabnya.

Kondisi jalan seperti ini harus ekstra hati-hati
Aktivitas mengemudi yang terganggu bisa menyebabkan kecelakaan. Ketika mengemudi, Anda harus fokus ke jalan raya. Jika Anda terus menerus memikirkan suatu hal dan sedikit memberikan perhatian ke jalan, terjadinya kecelakaan hanya tinggal menunggu waktu.

Gunakan Sabuk Pengaman

Yang satu ini tidak perlu diucapkan lagi, tapi yang mengherankan masih banyak orang yang tidak menggunakannya, entah karena acuh, bodoh, atau karena ingin tampil 'keren'. Tidak menggunakan sabuk pengaman membuat hidup Anda sangat beresiko. Sabuk pengaman ada untuk melindungi dan mencegah Anda keluar dari kaca depan saat terjadi kecelakaan mobil. Jika Anda berangkat tanpa menggunakan sabuk pengaman, Anda benar-benar bodoh. Sabuk pengaman menyelamatkan nyawa. Anda akan didenda jika tertangkap oleh polisi karena tidak menggunakan sabuk pengaman.

Gunakan Kecepatan yang Sesuai

Batas kecepatan ditetapkan karena sejumlah alasan yang mencakup permukaan jalan, jarak pandang ke depan, frekuensi belokan, kemungkinan pejalan kaki dan pengendara sepeda, atau batas kecepatan untuk jalan terbuka atau daerah perkotaan. Batas kecepatan adalah elemen lain dari keselamatan jalan raya yang muncul untuk melindungi Anda dan orang disekitar Anda. Pengemudi yang ngebut secara statistik jauh lebih mungkin terlibat dalam kecelakaan di jalan raya.

Rawat Mobil Anda

Melakukan perawatan mobil Anda secara rutin adalah hal lain untuk memastikan kendaraan Anda dalam kondisi fit dan aman. Jika Anda mengemudi dengan kondisi mobil yang jarang dirawat, Anda pastinya akan mengalami yang namanya mesin mogok. Seperti yang telah disebutkan di atas, sebagian kecil dari kecelakaan fatal disebabkan oleh kerusakan mekanis, tetapi ada lebih banyak kecelakaan non-fatal yang menyebabkan ketidaknyamanan atau cedera. 

Hilangkan Gangguan Sebanyak Mungkin

Berikut daftar gangguan umum saat mengemudi. Saat Anda mengemudi, khususnya jika ada teman di dalam kendaraan jangan biarkan ada gangguan. Beritahu teman Anda untuk berhenti mengganggu dan tetap fokus pada jalan. Gangguan saat mengemudi berpotensi sangat fatal, terutama jika mengalihkan perhatian Anda dari jalan raya pada saat yang buruk. Jaga pikiran Anda tetap jernih dan pikiran yang tidak perlu.

Semoga setelah membaca artikel ini Anda selalu tetap aman ketika berkendara. Mengemudi bisa berbahaya jika tidak ditanggapi dengan serius.

0 Response to "Tips Mengurangi Resiko Kecelakaan Saat Mengemudi"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel