Fitur-Fitur Ini Hanya Dimiliki Oleh Kendaraan Truk, Apa Saja?

Kendaraan berat dirancang untuk penggunaan dalam jarak jutaan kilometer, dengan pengemudi yang terkadang tidur di dalam kabin untuk beberapa hari sebelum melanjutkan pulang ke rumah. Truk memiliki fitur untuk membantu pergerakan barang yang lebih efisien dan berperan sebagai rumah kedua bagi pengemudi. Terlepas dari perbedaan ukuran yang sangat jelas, berikut adalah beberapa hal yang terdapat pada truk yang tidak dimiliki oleh mobil berukuran kecil. 

Lebih Dari Dua Axle 

Sebuah trailer bisa memiliki empat axle pada bagian penariknya dan empat axle pada bagian trailernya yang totalnya delapan axle.

Truk tiga axle
Unit truk tiga axle dengan trailer tiga axle adalah kombinasi yang paling umum.  Trailer khusus bisa memiliki banyak rangkaian axle, seringkali lebih dari empat ban tiap gandar.
 
Trailer lowboy dengan peralatan pertambangan di bagian belakang
Selain itu, beberapa truk memiliki dua set as roda kemudi

Truk pemadam kebakaran bandara – kemudi di dua poros roda depan

Kursi Bersuspensi 

Truk menghasilkan suara bising dan getaran yang lebih besar dibandingkan dengan mobil, ditambah pengemudi yang harus duduk lebih dari 10 jam setiap harinya. Kursi harus memiliki suspensi yang layak untuk mengurangi dampak benturan dan getaran pada tulang belakang pengemudi.

Indikator Mur Roda 

Indikator mur roda berbahan plastik berwarna kuning, oranye, atau hijau digunakan untuk menunjukkan kepada pengemudi jika mur roda berpotensi longgar.

Jika mur bergerak, titik panah akan bergerak ke arah berlawanan

Radio CB 

Pengemudi bisa berkomunikasi dengan sesama pengemudi pada basis operasi mereka menggunakan radio CB (sering disebut juga RT).

Radio CB

Lemari Pendingin/Microwave/TV 

Banyak pengemudi truk hampir seluruh hidupnya dihabiskan di dalam truk, oleh sebab itu mereka memerlukan kenyamanan di dalamnya. Hal yang lumrah jika truk-truk di luar sana di dalamnya dilengkapai dengan tempat tidur yang nyaman, TV, konsol game, lemari es dan microwave.

Microwave truk berada di dalam lubang kecil yang dapat diakses dari luar.

Engine Brake 


Tombol engine brake
Engine brake dan retarder melindungi rem dari overheating ketika berada di turunan yang panjang.

Pembuangan Vertikal


Pembuangan vertikal

Cerobong Pembuangan

Beberapa truk memiliki cerobong pembuangan vertikal di belakang kabin. Cerobong tersebut dirancang untuk membuang suara bising dari area pengemudi. Bagian tersebut sering terlihat di truk-truk Amerika daripada truk Eropa dan Jepang karena di Eropa aturan mengenai panjang truk sangat ketat, bahan bakar lebih mahal dan jalannya lebih sempit dengan tikungan yang tajam.

Penghematan bahan bakar bisa diperoleh jika jarak kabin dengan trailer sangat dekat, sedangkan cerobong menambah jarak trailer dari kabin, sehingga bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.
 

Plakat (Tanda) Barang Berbahaya 

Beberapa truk membawa barang berbahaya dan oleh karena itu mempunyai plakat (tanda) di bagian depan dan belakang.

Spion Tambahan 

Truk memiliki titik buta yang sangat banyak, sehingga membutuhkan banyak cermin untuk membantu mengurangi hal ini.

Cermin lurus berukuran besar

Girboks Lebih dari Delapan Kecepatan 

Kebanyakan truk berukuran besar memiliki rentang gigi antara 9 dan 18 untuk gigi maju dan dua untuk gigi mundur. Hal ini karena rentang putarannya yang sempit (sekitar 700-1000 putaran per menit).

Indikator putaran mesin truk
Indikator putaran mesin pada truk terdapat area berwarna hijau dimana truk beroperasi dalam kisaran yang ekonomis.

Kapasitas Mesin Lebih dari 10 Liter 

Truk berukuran besar memiliki kapasitas mesin sekitar 16 liter dengan torsi mencapai 3000 Nm dan tenaga 700kW. 

Sistem Pengereman Udara Terkompresi 

Kekuatan yang sangat besar dibutuhkan untuk menghentikan truk seberat 50 ton pada kecepatan 90 km/jam. Rem bertenaga udara digunakan. Sistem ini juga digunakan untuk trailer.

Sambungan untuk air brake trailer

Tangki Bahan Bakar Ganda plus AdBlue 

Truk berukuran besar memiliki tangki bahan bakar dikedua sisinya untuk menambah kapasitas serta tangki AdBlue sebagai fluida pembuangan yang digunakan untuk mengurangi emisi.

Tangki bahan bakar

Axle yang Bisa Diangkat 

Dibeberapa truk terdapat axle yang bisa diangkat untuk mengurangi tahanan dan keausan ban. Sistem ini digunakan ketika beban yang dibawa tidak terlalu berat dan tidak membutuhkan axle tambahan. 

Sistem lift axle


0 Response to "Fitur-Fitur Ini Hanya Dimiliki Oleh Kendaraan Truk, Apa Saja?"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel