Mengapa Asuransi Kendaraan Begitu Mahal?

Selama beberapa tahun terakhir, biaya perusahaan asuransi telah meroket karena sejumlah alasan:
  1. Ada lebih banyak kendaraan baru di jalan,
  2. Suku cadang baru menjadi semakin kompleks, hal tersebut bisa menambah biaya,
  3. Beberapa bagian tidak dapat digunakan kembali atau dipasang dalam kondisi bekas,

Mobil Baru Lebih Mahal Untuk Diperbaiki

Biaya perbaikan kendaraan baru lebih mahal dibandingkan kendaraan lama, terutama karena teknologi yang digunakan oleh kendaraan baru. Terdapat sensor, kamera, komputer dan berbagai macam komponen elektronik yang tidak muncul dimobil 40 tahun yang lalu. Teknologi berkembang sangat pesat dan merambah pada setiap bagian kendaraan.

Mobil sekarang, kaca depannya memiliki sensor hujan dan cahaya yang dibentuk menjadi kaca. Biayanya bisa mencapai puluhan juta. Sementara itu bumper mobil sekarang dilengkapi dengan sensor dan sudah terpasang alat pembersih lampu utama yang terbuat dari plastik yang ketika mengalami kerusakan biasanya dibuang begitu saja daripada diperbaiki.

Bumper BMW 320d yang dilengkapi sensor dan pembersih
Sistem elektronik saat ini menyumbang sekitar 25-30% dari nilai mobil dan masih terus meningkat karena produsen berusaha untuk mengalahkan satu sama lain dalam fitur kendaraan yang mereka tawarkan. Banyak diantaranya terletak di area mobil yang mudah rusak seperti bumper, kaca depan, dan kaca spion.

Kamera spion Honda Civic - sangat mahal jika rusak
Kamera mundur bisa berharga jutaan hingga belasan juta yang sekarang sudah sangat umum. Alat ini tidak tersedia 20 tahun yang lalu, tetapi mudah rusak ketika terjadi kecelakaan hidung-ke-ekor.

Kamera pada grill Jeep Grand Cherokee Trailhawk yang membuat mahal jika harus menggantinya
Sistem pengemudian semi otonom seperti radar cruise control dan sensor perubahan jalur menjadikan gril depan menjadi komponen mahal karena bisa mencapai harga belasan juta jika dibandingkan dengan kendaraan tanpa teknologi tersebut.

Radar cruise control yang tersembunyi dibalik logo Lexus
Sistem kemudi sekarang memiliki banyak tombol untuk mengontrol fungsi cruise control dan radio, ditambah lagi jika kantung udara tidak berfungsi maka harus diganti seluruhnya.

Teknologi Baru Membutuhkan Lebih Banyak Keterampilan Untuk Diperbaiki

Ada tekanan ke atas pada gaji untuk mekanik yang harus semakin terampil dan membutuhkan mesin diagnostik yang semakin kompleks untuk dapat memperbaiki mobil. Mobil juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diperbaiki. Ada resiko yang harus diperhitungkan, seperti sistem keselamatan yang perlu diuji secara menyeluruh untuk memastikannya berfungsi kembali.

Seorang mekanik membutuhkan keterampilan yang lebih

Banyaknya Kerusakan

Kita berpikir, meningkatnya teknologi membuat jasa perbaikan bodi menjadi profesi yang usang karena mobil bisa menghindari kecelakaan berkat sistem pengereman otomatis, tetapi teknologinya belum mencapai titik kritis dan tetap saja orang-orang masih terus menabrak dan mencelakai diri sendiri serta orang lain.

Mobil Tua Gampang Dicuri

Mobil baru memiliki banyak teknologi untuk menggagalkan pencurian dan sistem keamanan yang lebih baik. Berbeda dengan mobil tua yang mudah dicuri karena masih menggunakan sistem konvensial. Hal ini membuat mobil tua beresiko lebih besar untuk dicuri.

Apa yang Dapat Anda Lakukan untuk Mengurangi Resiko Klaim Asuransi?

Dua hal yang paling sederhana yang bisa dilakukan untuk menghindari kecelakaan adalah dengan melihat jauh ke depan, karena Anda bisa mengantisipasi apa yang bisa terjadi di depan dan menjaga jarak setidaknya tiga detik. Lalu terdapat empat standar:
  1. Berkendara dengan kecepatan yang tepat,
  2. Tidak berkendara setelah menggunakan obat-obatan atau alkohol,
  3. Tidak berkendara dalam kondisi lelah,
  4. Tidak terganggu/teralihkan dengan hal lain (simpan ponsel didalam konsol dashboard).
Untuk mengurangi resiko kerusakan ringan, berhati-hatilah ketika parkir di supermarket, latih kemampuan untuk parkir dan manuver dengan kecepatan rendah. Kerusakan kecil banyak terjadi ketika Anda parkir terutama ketika parkir paralel.





0 Response to "Mengapa Asuransi Kendaraan Begitu Mahal?"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel