Tips Mengurangi Idling Truk untuk Menghemat Bahan Bakar

Truk modern jaman sekarang ibarat sebagai rumah kedua. Di dalam kabin tersedia microwave, kulkas, konsol permainan, TV, laptop dan peralatan elektronik lainnya yang bisa membuat nyaman pengemudi ketika sedang melakukan istirahat. Selain itu juga bisa memberikan fleksibilitas kepada pengemudi karena tidak harus selalu mencari motel terdekat ketika ingin istirahat.

Truk di Tempat Pemberhentian
Namun, semua perangkat tersebut memerlukan sumber listrik dan sumber listrik tersebut berasal dari putaran mesin yang nantinya akan mengisi baterai. Ini artinya: 
  1. Meningkatnya biaya bahan bakar,
  2. Meningkatnya polusi udara di tempat truk berkumpul,
  3. Polusi suara di tempat pemberhentian truk.
Pengurangan 10% waktu idle diperkirakan sama dengan pengurangan 1% biaya bahan bakar ditambah keausan dan kerusakan mesin, dan juga pengaruh terhadap lingkungan.

Solusi Teknologi untuk Mengurangi Waktu Idle 

HVAC Bertenaga Baterai 

HVAC bertenaga baterai menghasilkan nol emisi, tidak memerlukan idling, pengoperasian yang lebih senyap, relatif bebas perawatan, bisa menggunakan tenaga eksternal dan mudah untuk dioperasikan. Bisa diberi daya dengan baterai dari unit truk atau dihubungkan langsung ke sumber listrik.

Namun, memiliki batasan waktu dalam penggunaannya jika digunakan dalam kondisi ekstrim atau dalam jangka waktu yang lama. Selain itu menambah berat pada truk karena ada penambahan baterai, membutuhkan alternator berkapasitas besar, menambah beban engine (sekitar 5kW) ketika sedang mengisi ulang dan juga konsumsi bahan bakar.

Sistem pengisian ulang yang lebih cerdas bisa mengurangi hal ini. Contohnya, daya pengisian ulang diambil dari energi saat pengereman.

Unit Daya Tambahan Diesel 

Sistem ini bisa menyediakan tenaga listrik ketika engine dalam kondisi mati. Menggunakan bahan bakar dengan konsumsi sekitar 0.3-1,5 liter per jam bergantung pada beban yang dibutuhkan. Bisa dioperasikan selama terdapat bahan bakar di dalam tangki. Sangat cocok digunakan pada temperatur ekstrim dan dalam periode waktu yang lama.

Namun, sama halnya dengan HVAC bertenaga baterai, sistem ini menambah beban pada kendaraan. Memerlukan perawatan rutin (penggantian oli dan filter) dan biaya pemasangan yang sangat mahal. Tetapi, biaya pemeliharaan tersebut bisa lebih murah dibandingkan dengan penggantian baterai unit HVAC.

Sistem Start/Stop Engine Otomatis 

Sistem ini memonitor temperatur kabin dan akan mematikan engine ketika sistem HVAC sedang tidak dibutuhkan atau ketika baterai terisi. Sistem ini bisa dipasang dengan mudah tanpa menambah berat pada kendaraan dan bisa dikombinasikan dengan sistem lainnya.

Namun, start dan stop yang tidak terduga bisa mengganggu pengemudi ketika sedang tidur. Produsen harus memastikan sistem ini tidak menghasilkan suara yang mengganggu dan meminimalisir goyangan dan getaran di kabin.

Meskipun sistem ini untuk optimasi waktu engine idle, tetapi masih memerlukan engine untuk idle yang mana bisa membuat engine menjadi cepat aus.

Panel Surya 

Teknologi panel surya semakin terus berkembang pada saat ini. Ukuran yang tipis dan ringan bisa ditempatkan di kabin dan dibuat melengkung untuk menyesuaikan dengan kontur kabin.

Namun, sistem ini bisa lebih mahal dan hanya mengandalkan paparan sinar matahari saja. Sistem ini bisa mengganggu aerodinamis kabin, meningkatkan konsumsi bahan bakar dan suara bising. Panel surya harus dibersihkan secara rutin supaya kapasitas pengisian selalu optimal.
 

Pemilihan dan Parameter Kendaraan 

Kendaraan berwarna gelap membutuhkan energi lebih banyak untuk proses pendinginan pada saat musim panas dibandingkan dengan kendaraan berwarna putih.

Insulasi didalam kabin bisa mengurangi rentang suhu. Hal ini termasuk tirai kaca depan yang bisa mengurangi masuknya sinar matahari dan membantu menjaga suhu di dalam kabin. 

Parameter idle engine bisa diubah ke sistem mematikan paksa secara otomatis setelah periode waktu tertentu dan mengontrol kecepatan idle aktual. 

Tidak ada solusi yang cocok untuk semua solusi tersebut dan keseluruhannya diserahkan kepada pengemudi untuk mengatur efsiensi yang memungkinkan.

Akhirnya, teknik pengurangan idle terbaik adalah keluar dari kendaraan dan istirahat di motel. Tetapi, karena pemberhentian truk menyediakan lebih banyak elektrifikasi dimana pengemudi dapat terhubung, idle mungkin menjadi bagian dari masa lalu. 

0 Response to "Tips Mengurangi Idling Truk untuk Menghemat Bahan Bakar"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel