Bisakah Mengemudi Dengan Kondisi Penglihatan Sebelah?

Dibeberapa artikel sudah dijelaskan mengenai aktivitas mengemudi dengan kondisi penglihatan yang buruk, tetapi bagaimana jika kondisinya salah satu mata mengalami kebutaan baik karena penyakit ataupun cedera?

Mata Manusia

Lisensi Pribadi

Lisensi pribadi ditujukan untuk kendaraan yang tidak disewakan. Biasanya untuk kendaraan pribadi seperti sepeda motor, van atau truk ringan. Seorang pengemudi harus memenuhi ketajaman visual minimal 6/12 atau lebih baik menggunakan kedua mata, baik dengan atau tanpa kacamata atau lensa kontak. Ini artinya jika seseorang bisa menjangkau 6/12 dengan satu matanya termasuk kedalam tingkat yang bisa diterima selama area penglihatan horizontalnya ada pada kisaran 110 derajat. Kesehatan mata bisa diperiksa setiap dua tahun.

Kesehatan mata bisa diperiksa oleh optometris atau spesialis mata. Jika level kesehatan mata tersebut terpenuhi, maka dipastikan kita masih bisa memegang lisensi selama kriteria tersebut tidak terganggu.

Jika seseorang mendapatkan nilai di bawah standar atau terdapat faktor yang meringkankan, optometris atau ophthalmologis bisa memberikan lisensi bersyarat. Syarat tersebut bisa berupa mengemudi hanya ketika di siang hari saja atau mengemudi dengan menggunakan lensa korektif.

Faktor-faktor yang dilihat berupa:
  • Kesehatan yang baik
  • Waktu reaksi normal
  • Koordinasi fisik yang baik
  • Kesadaran spasial
  • Persepsi warna yang bagus
  • Kewaspadaan
  • Perputaran leher yang baik (khususnya bagi pengemudi dengan satu mata)
  • Riwayat mengemudi
  • Persepsi kontras

Bagaimana Penglihatan Diuji

Pengemudi harus membaca lima karakter dari 6/12 garis dari jarak enam meter. Lebih dari dua kesalahan membaca huruf pada baris manapun dianggap sebagai kegagalan untuk membaca garis tersebut. Dalam hal ini lensa korektif perlu digunakan.

Jika penglihatan Anda lebih buruk dari 6/24, maka SIM Anda tidak akan diterbitkan.

Apa yang Terjadi Jika Anda Menjadi Buta Pada Satu Mata Sementara Anda Memiliki SIM Tanpa Syarat?

Anda tidak diperbolehkan mengemudi setidaknya tiga bulan setelah kehilangan penglihatan dalam rangka untuk melakukan penyesuaian terhadap kondisi Anda. Anda dapat mengemudi kembali setelah memenuhi standar yang diuraikan di atas dan Anda diizinkan untuk mengemudi.

Lisensi Komersial

Lisensi komersial meliputi lisensi kendaraan berat. Jika penglihatan Anda yang tidak dikoreksi lebih baik daripada setidaknya 6/9 pada mata terbaik Anda dan setidaknya 6/18 pada mata terburuk Anda, maka Anda berhak memagang lisensi secara penuh. Jika Anda memerlukan kacamata atau lensa kontak, lisensi Anda akan dicantumkan kondisinya (contoh: harus memakai kacamata).

Bisakah Anda Mengendarai Kendaraan Komersial Dengan Satu Mata?

Biasanya, Anda tidak diizinkan untuk mengemudi kendaraan komersial kecuali Anda memiliki dua mata dengan kemampuan minimum yang memenuhi standar. Namun, bergantung pada seberapa sering Anda harus mengemudi, jenis kendaraan dan cara mengemdi. Seorang optometris bisa merekomendasikan Anda untuk memegang lisensi bersyarat.

Penjelasan di atas hanya berlaku di Negara Australia, tentunya di setiap negara mempunyai aturan masing-masing.

0 Response to "Bisakah Mengemudi Dengan Kondisi Penglihatan Sebelah?"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel