Tahukah Anda, 1 Liter Bahan Bakar yang Terbakar Menghasilkan 2kg Lebih Karbon Dioksida

Satu liter bensin dengan dengan berat sekitar 740gr akan menghasilkan sekitar 2,31 kg karbon dioksida ketika terbakar. Satu liter diesel dengan berat sekitar 840 gr akan menghasilkan sekitar 2,68 karbon dioksida. Karbon dioksida ini tercipta pada saat proses pembakaran di mesin dan berpotensi menciptakan gas rumah kaca.

Asap Kendaraan
Jumlah CO2 yang tercipta ketika berkendara berhubungan erat dengan konsumsi bahan bakar. Semakin banyak bahan bakar yang digunakan tiap kilometer, semakin banyak karbon dioksida yang tercipta tiap kilometer. Nilai tersebut seringkali diberikan oleh perusahaan pembuat pada spesifikasinya. Sebagai contoh, Ford Ranger menghasilkan antara 218 dan 230 g/km dengan penggunaan bahan bakar sekitar 8,3-8.8 liter tiap 100 km.

Untuk memahami mengapa jumlah total karbon dioksida yang dihasilkan lebih berat dibandingkan berat bahan bakar aslinya, kita harus melihat unsur kimianya. Diesel dan bensin penuh dengan karbon, sedangkan karbon cukup ringan. Ketika bensin atau diesel terbakar, karbon akan bergabung dengan dua molekul oksigen (keduanya lebih berat dari karbon) untuk menghasilkan karbon dioksida. Masing-masing molekul oksigen beratnya sekitar 25% dari molekul karbon dan terdapat dua molekul oksigen.

Jika kita masukan ke perspektif angka, jika karbon beratnya 12, maka dua molekul oksigen beratnya 32.

Namun, berapa proporsi solar dan bensin yang merupakan karbon?

Solar sekitar 720 gr dari 840 gr dalam satu liter sedangkan bensin 640 gr dari 740 gr dalam satu liter.

Bensin sekitar 87% karbon (640 gr).

Solar sekitar 86,2% karbon (729 gr).

Sebuah formula sederhana bisa kita gunakan untuk menghitung estimasi berat karbon dioksida yang dihasilkan. Berat karbon dalam satu liter bahan bakar dibagi dengan berat molar karbon dikalikan dengan berat molar karbon dioksida.

Solar: 724 gr/12*44 = 2.65 kg

Bensin: 640 gr/12*44 = 2.35 kg

Terdapat varians pada nilai aktual karena variabel yang terdapat pada bahan bakar, pembakaran yang tidak sempurna, nilai oktan, dan lain-lain, tetapi nilai tersebut memberikan perkiraan jumlah karbon dioksida yang tercipta ketika Anda sedang membakar satu liter bensin atau solar.


0 Response to "Tahukah Anda, 1 Liter Bahan Bakar yang Terbakar Menghasilkan 2kg Lebih Karbon Dioksida"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel