Kenapa Mobil Baru Odometernya Tidak di Posisi Nol Kilometer?

Jika kita membeli kendaraan baru (atau hanya melihat-lihat saja kendaraan baru di dealer), Anda tidak akan pernah menemukan pengukur jarak tempuh mobil tersebut berada diposisi nol kilometer. Minimum berada diposisi empat kilometer atau bahkan lebih. Kendaraan yang dibuat ketika sudah mencapai tahap perakitan lalu berjalan menuju tahap pengecekkan terakhir di mana segala sesuatunya harus berfungsi kemudian dilakukan tes jalan dengan jarak pendek dari dalam pabrik menuju tempat penyimpanan mobil.

Stock,Yard, StockYard
Tempat memarkir mobil baru di pabrik General Motor (sebelah kanan) dengan panjang sekitar 300m.  Mobil baru akan dikendarai keluar pabrik dan ditempatkan di sana
Ketika siap untuk diangkut, mobil dikemudikan untuk dinaikkan ke kendaraan pengangkut lalu dibawa ke kapal atau kereta api, (beberapa produsen kendaraan mempunyai jalur rel langsung yang menuju tempat penyimpanan). Di sini mobil diturunkan kembali menunggu pemuatan ke moda transportasi berikutnya. Jika akan dikirim melalui kapal maka harus melalui bea cukai sebelum dikendarai masuk ke kapal. Kapalnya sendiri panjangnya bisa lebih dari 200m. Pada titik ini mobil sudah menempuh jarak lebih dari satu kilometer. Beberapa produsen kendaraan seperti Ford, bahkan bisa mencapai jarak dua kilometer ketika dikendarai dari tempat perakitan hingga ke terminal.

Crane
Di belakang crane Anda melihat tempat penyimpanan kendaraan
Diakhir perjalanan mobil keluar dari kapal dan berjalan menuju tempat penampungan di pelabuhan.

Pelabuhan
Gambar ini menunjukkan dermaga yang dipenuhi oleh kendaraan.  Masing-masing dermaga memiliki panjang sekitar 200m
Mobil bisa saja dikendarai lebih dari satu kilometer ketika keluar dari kapal dan masuk ke tempat penampungan yang berukuran sangat besar untuk menunggu proses bea cukai. Dari sini mobil dikumpulkan untuk diangkut oleh kendaraan pengangkut untuk di bawa ke area penyimpan distributor utama kendaraan tersebut (main dealer). 

Semua aktivitas ini mengharuskan mobil untuk dikendarai dan membawanya berkeliling. Selanjutnya mobil akan diangkut kembali dan disebar ke dealer-dealer. Setelah sampai di dealer, mobil akan ditempatkan di lapangan dan secara berkala akan dipanasi mesinnya. Kendaraan tersebut bisa saja dipindahkan ke posisi yang berbeda atau dikirimkan ke pihak ketiga. Misal nantinya akan dipasang jok kulit atau tangki LPG.

Sangat tidak mungkin mendapatkan mobil baru dengan jarak tempuh nol kilometer kecuali jika dibawa langsung oleh crane atau diletakkan di kontainer segera setelah meninggalkan tempat perakitan. Ditambah jarak pendek yang ditempuh kendaraan memberikan kesempatan bagi produsen untuk menguji apakah semuanya berfungsi dengan baik dan bisa mendeteksi cacat yang mungkin muncul sebelum kendaraan meninggalkan pabrik. 




1 Response to "Kenapa Mobil Baru Odometernya Tidak di Posisi Nol Kilometer?"

  1. Aku kira semuanya untuk pemindahan mobil dari tempat satu ke tempat yang lain sebelum di beli akan dipindahkan menggunakan alat, ternyata seperti itu ya prosesnya sebelum masuk ke dealer mobil

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel