Jenis Truk dan Trailer serta Barang yang Dibawanya

Truk digunakan untuk membawa muatan yang spesifik, baik itu jenisnya kombinasi (pendek, medium atau panjang) berbentuk head tractor atau gabungan keseluruhan (multi kombinasi). Berikut akan dijelaskan mengenai tipe beban dan trailer yang dibawanya:
  • Pengangkut otomotif, membawa kendaraan dengan menggunakan pengangkut kendaraan. Keahlian khusus sangat diperlukan untuk proses loading dan pengeoperasian trailer jenis ini.

Truk, Truk Pengangkut, Mobil, Pengangkut Mobil, Truk Pengangkut Mobil
Truk Pengangkut Mobil
  • Pengangkut perahu, perahu kecil sering dibawa dengan cara ditarik oleh truk kecil atau bahkan dengan mobil, tapi jika kapal tersebut berukuran besar membutuhkan trailer khusus (lowboy) dan butuh pemandu kendaraan serta rencana perjalanan untuk menghindari jembatan kecil jika ukuran kapal tersebut melebihi ukuran (oversize). Trailer jenis ini bisa diatur ketinggiannya.

Truk, Perahu, Pengangkut Perahu, Truk Pengangkut
Truk Pengangkut Perahu
  • Barang kering: umumnya pengangkutan barang kering menggunakan truk box berukuran kecil atau medium truk. Bisa juga menggunakan truk kontainer atau gandengan yang diartikulasikan.

Truk, Pengangkut, Truk Pengangkut, Pengangkut Barang, Barang Kering, Truk Pengangkut Barang Kering
Truk Pengangkut Barang Kering
  • Flat bed: truk dengan area permukaan untuk mengangkut beban berbentuk rata digunakan untuk mengangkut kendaraan lain atau barang khusus yang berukuran besar seperti pipa beton dan tangki air. Beberapa flat bed trailer dilengkapi dengan mekanisme dongkrak mandiri supaya kendaraan bisa naik dari bagian belakang (self loader). Trailer jenis ini juga beberapa mempunyai kegunaan khusus seperti membawa barang yang sangat berat dan sangat lebar misalnya crane dan peralatan pertambangan.

Truck, flatbed
Truk Flatbed
  • Furniture: berjenis box van dengan tambahan dibagian atas kabinnya. Bagian dalam truk ini memiliki banyak titik untuk mengikat furniture. Beberapa truk jenis ini berukuran besar dan gandengan.

Truk, FUrniture
Truk Furniture
  • Ternak: truk yang membawa hewan hidup seperti domba dan sapi.

Truk, Ternak
Truk Ternak
  • Truk berpendingin: truk ini membawa barang yang dibekukan, didinginkan atau barang yang sensitif terhadap temperatur. Bisa berupa kontainer terpisah atau truk box.

truk, berpendingin
Truk Berpendingin
  • Truk khusus: jenis truk seperti truk derek, pengaduk semen, crane, truk tambang, truk bandara, truk pemeliharaan jalan dan lain-lain.

truk, pengaduk, semen, truk semen
Truk Pengaduk Semen
  • Tangki: truk tangki digunakan untuk membawa benda cair seperti susu, minyak dan bahan kimia serta bahan curah kering yang bisa mengalir seperti gula, tepung dan semen. Anda memerlukan sertifikasi khusus (misalkan barang beracun) tergantung tipe produk mana yang Anda bawa.

truk, tangki
Truk Tangki
  • Tipper atau dump trailer: truk ini biasanya membawa material bangunan seperti beton dan pasir. Untuk menurunkan muatannya bisa dilakukan dari samping (dengan cara dimiringkan) atau dari belakang tergantung konfigurasinya. 

Dump truck
Dump Truk
Truk standar bisa saja dimodifikasi supaya bisa membawa barang tertentu, seperti truk yang digunakan untuk membawa panel kaca berukuran besar di samping.




0 Response to "Jenis Truk dan Trailer serta Barang yang Dibawanya"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel