Jenis-Jenis Forklift yang Sering Digunakan

Truk forklift sering digunakan di dalam gudang atau tempat penyimpanan barang yang berfungsi untuk memindahkan barang yang sangat berat. Umumnya, terdapat 10 jenis forklift yang sering kita temui, beberapa diantaranya mungkin yang sering Anda bawa setiap hari.

Hand Pallet

Hand pallet sering disebut truk pompa karena operatornya memompa tuas untuk mengangkat beban. Harganya murah, kuat dan kokoh dan sangat berguna untuk memindahkan palet di sekitaran lantai gudang di mana tidak perlu diangkat pada ketinggian tertentu.

Hand Pallet
Operator mendorong garpu ke arah palet, memompa tuas, lalu garpu akan mengangkat palet beberapa sentimeter. Roda depan dipasang di dalam garpu sementara roda belakang dipasang di bawah tuas. Untuk membelokkan hand pallet, operator cukup mengayunkan pegangan.

Jenis forklift ini tidak cocok untuk jalanan yang curam karena sistem pengeremannya (jika terpasang) tidak terlalu kuat dan garpunya tidak bisa dimiringkan ke belakang untuk menghentikan beban supaya tidak tergelincir. Selain itu juga, ketinggian untuk mengangkat beban tidak bisa terlalu tinggi sehingga tidak bisa bergerak mulus ketika melewat jalan yang berubah-ubah kemiringannya.

Hand pallet dengan roda berukuran besar dan berpenggerak pneumatik tersedia untuk medan jalan yang tidak rata.

Powered Pallet Atau Truk Walkie

Powered pallet dilengkapi dengan motor untuk mengangkat beban dan juga untuk membantu gerakan maju mundur forklift sehingga operator tidak perlu untuk mendorong atau menariknya.

Powered pallet
Powered Pallet
Prinsipnya sama dengan hand pallet tetapi forklift jenis ini bisa bergerak dengan cepat ketika mengangkat beban di dalam gudang.


Stock Picker, Cherry Picker Atau Order Picker

Forklift jenis ini mengharuskan operator untuk berdiri di kompartemen yang diangkat supaya bisa mengambil barang di rak. Walaupun secara teknis bukan 'forklift' tetapi prinsip kerjanya sama seperti forklift.
Stock Picker
Stock Picker
Stock picker biasanya ditenagai oleh listrik dan perlu dilakukan pengisian secara berkala untuk mengisi daya baterainya.
 

Counterbalance

Jenis forklift ini sering kita lihat dan paling banyak digunakan. Sebuah beban berat (atau penyeimbang) di belakang mencegah forklift terbalik ke depan ketika sedang mengangkat beban. Operator cukup mengendarainya menuju palet atau rak kemudian angkat lalu arahkan ke tempat yang dituju, turunkan lalu kembali lagi.
 
Counterbalance
Counterbalance
Beberapa forklift mempunyai garpu yang bisa diperpanjang.

Jenis forklift ini biasanya ditenagai oleh diesel atau propana.

Counterbalance Roda Tiga

Forklift counterbalance roda tiga pada dasarnya sama dengan forklift counterbalance tetapi memiliki kemampuan manuver yang jauh lebih baik sehingga sangat berguna di gudang dengan gang yang sempit dan belokan tajam. Forklift ini mungkin masih memiliki empat roda, tetapi konfigurasinya ada di tiga titik. Forklift jenis ini cenderung kurang stabil dibandingkan dengan forklift konfigurasi empat roda.

Counterbalance, Tiga Roda
Counterbalance Tiga Roda
Lebih umum menemukan forklift tiga roda elektrik daripada forklift empat roda elektrik

Palet Stacker

Palet stacker dirancang hanya untuk mengangkat dan menumpuk palet. Pengoperasiannya bisa secara manual atau pun elektrik dan harganya lebih murah dibandingkan forklift counterbalance. Sangat berguna jika dipakai di gudang yang tidak terlalu banyak perpindahan.

Palet Stacker
Palet Stacker

Truk Penjangkau

Truk penjangkau (Reach Truck) bisa menjangkau beban dengan ketinggian lebih dari 10 meter dan digunakan di gudang dengan pengaturan gang yang tinggi untuk memaksimalkan ruangan.

reach truk
Reach Truk
Beberapa dilengkapi kursi untuk operator sementara yang lainnya hanya untuk berdiri saja.

Side Loader

Posisi garpu berada di samping forklift bukan di depan. Fungsinya untuk menangani barang yang berukuran panjang seperti kayu dan pipa dan sangat cocok untuk lorong yang sempit.

Side loader
Side Loader












4 Responses to "Jenis-Jenis Forklift yang Sering Digunakan"

  1. I was surfing the Internet for information and came across your blog. I am impressed by the information you have on this blog. It shows how well you understand this subject. https://www.ronklein2006.com/will-bte-the-forklift-rental-appropriate-to-get-your-organization/

    ReplyDelete
  2. Wow, cool post. I'd like to write like this too - taking time and real hard work to make a great article... but I put things off too much and never seem to get started. Thanks though. roll-off dumpsters seguin tx

    ReplyDelete
  3. Thanks for the blog loaded with so many information. Stopping by your blog helped me to get what I was looking for. georgetown Dumpsters

    ReplyDelete
  4. Thanks for a wonderful share. Your article has proved your hard work and experience you have got in this field. Brilliant .i love it reading. singapore best forklift rental

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel