Tips Agar AC Mobil Bekerja Optimal

Ketika Anda masuk ke mobil dan terasa hawa yang sangat panas, Anda akan langsung menyalakan sistem penyejuk di kendaraan Anda, tetapi biarkan pintu atau jendela tetap terbuka terlebih dahulu hingga temperatur di dalam kabin normal terhadap temperatur di luar kabin. Hal ini supaya udara yang melalui evaporator akan sama dengan temperatur udara di luar kabin, sehingga membuat tugas penyejuk udara menjadi lebih ringan.

AC mobil
AC Mobil
Mula-mula, atur penyejuk udara dengan putaran fan maksimum, temperatur minimum dan re-sirkulasi udara. Hal ini untuk memindahkan volume udara dan mensirkulasikannya di dalam kabin sehingga pendinginan menjadi lebih cepat. Ketika sudah mencapai temperatur nyaman, matikan re-sirkulasi udara dan atur fan pada putaran yang rendah. Kecepatan fan yang rendah menghasilkan udara yang lebih dingin dari sistem.

Jalankan penyejuk udara menggunakan udara luar (bukan re-sirkulasi) untuk mencegah bau tidak sedap yang melalui fan.

Jangan mencoba memperbaiki penyejuk udara jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan. Tekanan pada sistemnya sangat tinggi dan sangat berbahaya. 

Hal terbaik yang perlu dilakukan adalah dengan mencuci kondenser dan radiator beberapa kali dalam setahun.

Udara yang dihasilkan penyejuk udara sangat kering, gunakan untuk menghilangkan embun pada kaca. Selain itu, jika Anda masuk ke dalam mobil setelah hujan, gunakan penyejuk udara untuk mencegah penguapan dari baju dan badan.

Hati-hati jika menggunakan penyejuk udara dalam jangka waktu yang lama, hal tersebut bisa membuat Anda mengantuk.

Penyejuk udara membuat udara di dalam kendaraan menjadi sangat kering sehingga membuat mata Anda menjadi gatal.

Apakah Penyejuk Udara Memberikan Efek Terhadap Performa Kendaraan?

Ketika penyejuk udara membutuhkan energi untuk menjalankannya, sumber energi berasal dari engine kendaraan. Umumnya mengambil daya sekitar 3 kW atau 4 HP untuk menjalankan unit. Penyejuk udara menghabiskan banyak bahan bakar, oleh karena itu gunakanlah secara hemat.

Kopling pada kompresor secara aktif mencengkeram dan melepas sesuai kebutuhan untuk menjaga sistem dalam kondisi dingin. Pada beberapa kendaraan, Anda akan merasakan hentakan ketika berjalan pada kecepatan konstan karena kendaraan akan sedikit kehilangan tenaga yang disebabkan oleh pengalihan tenaga ke kompresor penyejuk udara.

Ketika penyejuk udara sedang bekerja, akselerasi akan menjadi lebih lambat.

Unit penyejuk udara cukup berat, lebih dari 15 kg, 

Biasanya, lebih ekonomis berkendara dengan kaca jendela terbuka daripada menyalakan penyejuk udara, meskipun membuka jendela menciptakan banyak hambatan udara. Semakin cepat Anda berjalan, semakin besar hambatan yang tercipta, sehingga akhirnya membuka jendela menjadi tidak efisien daripada menyalakan penyejuk udara, tetapi hal itu bergantung pada berapa kecepatan yang dicapai.

Apa Masalah Umum Pada Unit Penyejuk Udara?

  • Kondenser dan evaporator bisa kotor dan mengurangi efektivitasnya,
  • Filternya bisa buntu dan mengurangi aliran udara,
  • Jika terjadi kebocoran harus ditambahkan lagi refrigeran,
  • Kompresor penyejuk udara digerakkan oleh putaran engine dengan menggunakan belt. Terkadang belt tersebut bisa lepas, menyebabkan suara berisik dari bawah kap mesin,
  • Kotoran sering terjebak di saluran udara
Unit AC harus diperiksa dan dirawat beberapa kali dalam setahun, tetapi terkadang orang melupakannya hingga tersadar unit AC-nya tidak bisa menghasilkan udara dingin lagi.

Apa Itu Mengisi Ulang Refrigeran Kembali?

Suatu waktu, sistem AC kendaraan Anda akan hilang efektivitasnya dan akhirnya tidak bisa menghasilkan udara dingin lagi. Sistem AC itu tertutup, oleh karena itu jika semuanya berjalan dengan baik, maka tidak harus mengisi refrigeran lagi, tetapi refrigeran bisa kehilangan efektivitasnya.

Mengisi ulang refrigeran kembali adalah membuang refrigeran yang sudah ada dengan refrigeran yang baru, dengan yang lebih efektif.

Namun, jika terdapat kebocoran, Anda harus menemukan terlebih dahulu letak kebocoran tersebut dan memperbaikinya.

Segala jenis pekerjaan yang berhubungan dengan unit AC sebaiknya diserahkan kepada profesional dengan peralatan yang tepat, tetapi Anda bisa membeli peralatan untuk pekerjaan ini (harus hati-hati dan jangan membuat masalah baru). Mengisi ulang refrigeran kembali akan menghabiskan waktu sekitar satu jam dengan mekanik profesional..

0 Response to "Tips Agar AC Mobil Bekerja Optimal"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel