Seberapa Seringkah Kita Harus Melihat Cermin Belakang dan Spion?

Para pakar merekomendasikan melihat sejenak kaca spion setiap 5 - 8 detik. Terdengar seperti banyak sekali, tetapi lihatlah apa yang bisa terjadi hanya dalam tempo lima detik:
  • Jika berada di jalan tol dan melaju 100 km/jam, artinya Anda akan menempuh jarak sekitar 138 meter dalam waktu lima detik. Dalam waktu tersebut Anda bisa melihat kondisi jalan yang begitu dinamis. Ada kendaraan yang baru masuk tol, kendaraan yang didahului atau kendaraan Anda yang didahului orang lain.
  • Jika kondisi lalu lintas padat merayap, sepeda motor bisa selap selip di antara kemacetan atau ambulans yang mencoba mendahului Anda.
  • Di lalu lintas perkotaan yang padat, pengendara sepeda bisa selap selip antar lajur jalan atau berkendara di lajur sebelah kiri ketika lalu lintas sedang melambat.
  • Bila Anda berkendara di bawah batas kecepatan (misal ketika sedang menarik trailer) maka kendaraan lain akan dengan mudah mendekati Anda secara cepat dan Anda harus mempersilahkan mereka untuk mendahului jika memungkinkan. Selain itu, dengan melihat spion ketika menarik trailer, Anda sekaligus bisa mengecek muatan yang sedang Anda bawa. Kendaraan yang melaju pada kecepatan 100 km/jam akan menempuh jarak sekitar 30 meter setiap lima detik. 
Ketika kita melihat kaca spion setiap lima detik, jangan melihatnya terlalu lama, cukup sekilas saja hanya untuk melihat apakah sesuatunya berubah dengan sangat cepat.

Kaca, Spion, Kaca Spion
Kaca Spion
Jika Anda memandangi kaca spion terlalu lama, Anda akan kehilangan momen untuk melihat ke depan. Hal ini bisa membuat Anda tidak bisa mengantisipasi bahaya yang akan berkembang di depan.

Anda harus melihat spion setiap kali Anda akan berpindah lajur, berbelok atau keluar jalan, menepi ke pinggir jalan atau ketika akan memasuki jalan.

Ketika sedang mengemudi Anda harus bisa membaca arah pergerakan lalu lintas yang ada di depan. Caranya adalah dengan memperbanyak stimulus visual dan ingatan jangka pendek apa yang telah terjadi sebelumnya. 

Tentunya, supaya lebih efektif dalam menggunakan kaca spion Anda harus mengatur kaca spion secara benar.


0 Response to "Seberapa Seringkah Kita Harus Melihat Cermin Belakang dan Spion?"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel